Nama
: Burhanudin Alif
NPM : 12114255
Kelas
: 2KA29
Manfaat
Teknologi Web dalam Manajemen Layanan Sistem Informasi
Manajemen
Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait
dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi
gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb). Disiplin ini
tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu
atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus
pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas
yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel
teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional
manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya
sendiri. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri
keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang
berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada
konsumennya.
Karena
kemajuan jaman, maka penerapan Manajemen Layanan Sistem Informasi
dibungkus menjadi lebih mudah digapai dan juga lebih mudah digenggam.
Untuk itu, banyak perusahaan mempermudah masyarakat dengan adanya
internet dan teknologi.
Sebagai
awalnya Manajemen Layanan Informasi masuk ke dalam Web. Karena pada
masa adanya internet, smart phone belum ada. Sehingga masyarakat
mengandalkan website yang hanya dapat diakses melalui PC atau laptop
pribadi. Semakin maju perkembangan jaman dan dengan adanya smart
phone, maka perusahaan penyedia layanan atau instansi penyedia
layanan pun mulai membuat sistem yang dapat diakses ke dalam smart
phone.
Mengapa
smartphone atau mobile ? Karena melalui website, sudah tidak bisa
dikatakan fleksibel. Dimana masyarakat harus membukanya dengan web
browser, dan membutuhkan koneksi yang lumayan besar. Sedangkan dengan
mobile, masyarakat dapat menggunakannya secara fleksibel dan juga
mengurangi biaya koneksi yang dibutuhkan.
Sebagai
contoh Tokopedia. Tokopedia awalnya adalah layanan pendidikan
berbasis web. Namun Tokopedia mengubahnya kedalam bentuk mobile,
sehingga dapat diakses dengan lebih mudah.
Lalu
pada masa kini, hadir teknologi AI dan Advanced Machine Learning,
Kecerdasan
buatan (AI) dan pembelajaran mesin canggih (ML) yang terdiri dari
teknologi dan proses seperti pembelajaran yang mendalam (deep
learning) dan jaringan saraf. Sebelumnya hal ini dimulai sebagai
algoritma untuk mengotomatisasi tugas-tugas manual, meminjam dari
teknik statistik canggih yang telah berkembang menjadi kerangka yang
lebih luas dan arsitektur yang dapat belajar seperti manusia, dan
dapat menggunakan data historis untuk memprediksi masa depan. Sistem
ini akan menjadi lebih mudah beradaptasi dan berpotensi beroperasi
secara mandiri.
Lalu
juga ada AI dan Machine Learning yang menimbulkan spektrum
implementasi yang cerdas, termasuk perangkat fisik (robot, kendaraan
otonom, elektronik konsumen) serta aplikasi dan layanan (asisten
pribadi virtual, penasihat cerdas).
Dan
masih banyak lagi teknologi yang hadir pada masa kini, dan selalu
berkembang seiring berjalannya waktu, yang nantinya kita sendiri yang
akan menyaksikan dan merasakan betapa canggihnya teknologi di masa
yang akan datang.
Sumber :
http://alvendraihza.blogspot.com/2018/05/teknologi-manajemen-layanan-sistem.html
Sumber :
http://alvendraihza.blogspot.com/2018/05/teknologi-manajemen-layanan-sistem.html
No comments:
Post a Comment