Wednesday, April 12, 2017

Inkscape

1. Pengertian Inkspace 
Inkscape merupakan program aplikasi desain grafis untuk membuat dan mengolah gambar vektor. Inkscape bersifat free (gratis) dan Multiplatform (dapat berjalan pada berbagai sistem operasi). Kemampuan Inkscape dalam membuat gambar vektor tidak kalah dengan aplikasi grafis yang berbayar seperti CorelDraw dan Freehand.

2. Status Bar , Menu Bar, Toolbar, Pallet, Koordinat Zoom Level, Control Bar Dan Command Bar Pada Inkscape.

·         Status bar

Status Bar, berisi kolom-kolom yang digunakan menampilkan berbagai status dan informasi dari area kerja dan object yang sedang dikerjakan.

·         Menu Bar

Menu bar berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum, seperti File → Save untuk menyimpan dokumen dan File → Print untuk mencetak dokumen.

·         Toolbar

Tool Controls Bar berisi ikon-ikon untuk memodifikasi objek, misalnya memutar dan mengatur ukuran atau tata letak urutan objek.

·         Pallete

Palette berisi warna-warna yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai objek. Bila Anda mengklik objek, kemudian mengklik warna yang Anda inginkan di Palette, maka warna objek tersebut akan berubah.





·         Zoom Lever Coordinate

berada setingkat dengan status bar, tapi di paling kanan. Fungsinya menunjukkan koordinat mouse dan menunjukkan tingkat zoom.

·         Control Bar

Control Bar, menampilkan ikon-ikon untuk melakukan pengaturan pada object yang sedang dikerjakan, misalnya mengtur jarak object dari penggir halaman, mengatur tinggi dan lebar object, memutar object, dan lain-lain. Ikon akan berubah secara otomatis pada saat kita melakukan klik pada baris Toolbox.

·         Command Bar


Commands bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok seperti print, open, save, dan sebagainya.


Sumber : https://inkscape21.wordpress.com/2015/10/27/2/

No comments:

Post a Comment