Thursday, March 9, 2017

Desain Grafis dan Animasi

 Definisi Desain Grafis dan Animasi

Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se efektif mungkin. Dalam design grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol - simbol yang bisa di bunyikan. Design Grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fineart. Seperti jenis desain lainnya, Design Grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk ang dihasilkan (rancangan), atau  pun disiplin ilmu yang digunakan. Seni Design Grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tifografi, ilusrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Design Grafis pada awalnya di terapkan untuk media - media statis, seperti buku, majalah dan brousur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, Design Grafis juga diterapkan dalam media Elektronik, yang sering kali disebut Design Interkatif  atau Design Multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Design Grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. Unsur dalam design grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur - unsur tersebut  termasuk Shape, bentuk (form) tekstur, garis, ruang, dan warna, membantuk prinsip - prinsip dasar desain visual. Prinsip - prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas. Peralatan yang digunakan oleh designer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.              
                Sementara Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeetwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah - olah hidup ( bergerak ), seperti yang pernah kita lihat film - film kartun di televisi maupun dilayar lebar.

-          Definisi Pixel, Resolusi, Garis & Kurva, Hue

Pixel
Suatu gambar yang ada di dalam komputer sesungguhnya adalah kumpulan dari ribuan titik yang sangat kecil dan tiap-tiap titik tersebut memiliki warna tertentu. Titik-titik itulah yang disebut pixel. Setiap pixel mempunyai satu warna dan bergabung dengan pixel–pixel lainnya sehingga membentuk suatu pola dan menghasilkan gambar.

Resolusi
Jumlah pixel per daerahnya disebut dengan resolusi. Resolusi itulah yang menentukan kualitas dari gambar. Jika suatu gambar diperbesar, maka resolusi gambar akan menjadi kecil dan gambar menjadi tidak tajam. Semakin tinggi resolusi gambar, maka akan semakin tinggi kemampuan perbesarannya.

Garis
Garis merupakan titik yang bergerak akan membentuk garis. Garis mempunyai panjang tanpa lebar yang mempunyai kedudukan dan arah. Garis merupakan sisi atau batas dari suatu benda, masa, warna, bidang, maupun ruang.

Definisi lain tentang garis seperti dibawah ini :
-          Garis merupakan hasil goresan dengan benda runcing, dengan kata lain menggabungkan satu “titik” ke “titik” lain.
-          Garis merupakan menggabung-an atau penyatuan dua “titik” yang mempunyai jarak yang berbeda.
-          Garis bisa diciptakan dengan tegas dan spontan, sesuai dengan maksud garis yang di tampilkan. Garis tegas bisa diciptakan dengan cara membuat garis  dengan alat Bantu seperti penggaris atau jangka. Garis spontan merupakan garis yang dihadirkan dengan cara menggoreskan benda runcing tanpa menggunakan alat Bantu, yaitu dengan tangan langsung.

Hue
Hue adalah macam-macam warna dalam satu jenis warna, misalnya jenis warna merah memiliki macam-macam warna seperti : merah darah, merah jambu, merah rose, merah hati, merah jernih, merah jingga, merah muda, dll.

-          Contoh Software Desain Grafis dan Animasi
1.       Adobe Photoshop
2.       Macromedia Flash
3.       Adobe After Effect
4.       Blender
5.       Anime Studio

Sumber


No comments:

Post a Comment