Monday, October 3, 2016

Pengertian Fuzzy Logic Dan Contoh

ARTIFICIAL INTELEGENCE

Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer.

Pembahasan kali ini Artificial Intelegence atau sering disingkat AI, dibagi menjadi dua, Fuzzy Logic dan Sistem Pakar, dan pembahasan dibawah akan membahas Fuzzy Logic beserta contoh penerapannya.

FUZZY LOGIC

Secara umum, fuzzy logic adalah sebuah metodologi “berhitung” dengan variabel kata-kata (linguistic variable), sebagai pengganti berhitung dengan bilangan. Tentunya, kata-kaya yang digunakan dalam fuzzy logic adalah tidak sepresisi dengan bilangan, namun pemakaian kata jauh lebih dekat dengan intuisi manusia dimana manusia bisa “merasakan” nilai dari variable kata yang sudah dipakai sehari hari.

Fuzzy logic merupakan peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Saat logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran.

Contoh penerapan fuzzy logic adalah :

  • Pada pengaturan suhu ruangan, kipas menggunakan kendali on-off. Kipas akan menyala pada suhu 30 dan akan mati pada suhu 25, bagaimana dengan suhu 29.8? Jika dengan on-off maka kipas masih mati, sedangkan dengan metode fuzzy kipas akan berputar dengan kecepatan tertentu.

  •  Untuk memperlancar arus lalulintas dengan adanya system yang bekerja secara otomatis diharapkan angka kecelakaan bias dikurangi. Untuk kepadatan jumlah kendaraan dibuat pemberitahuan seperti: Tidak Padat (TP), Kurang Padat (KP), Cukup Padat (CP), Padat (P) dan Sangat Padat (SP).

Sumber :
Naba Agus, Tutorial Mudah & Cepat Fuzzy Logic dengan MatLab, edisi 1, Malang, Agus Naba, 2009.


No comments:

Post a Comment