Saturday, June 29, 2019

Soal Manajemen Layanan Sistem Informasi


Nama : Burhanudin Alif Rahmat
NPM : 12114255
Kelas 2KA29

Soal Manajemen Layanan Sistem Informasi

1. Jelaskan definisi dari manajemen layanan sistem informasi
2. Apa tujuan dan manfaat manajemen sistem informasi
3. jelaskan strategi membangun aplikasi layanan manajemen sistem informasi
4. konsep keamanan jaringan berbasis mobile
5. apa manfaat promosi atau iklan untuk meningkatkan profit bisnis perusahaan

1. Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap bisnis perusahaan.

Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.

2.
tujuan-tujuan dari sistem informasi manajemen ini antara lain :
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungna harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan managemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan berkelanjutan.
manfaat sistem informasi antara lain sebagai berikut:
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

3.
    Strategi sebagai Perspective
  • Ini berhubungan dengan pandangan, tujuaan dan pilosopi penyedia layanan IT untuk melakukan bisnis dengan konsumen.
    Strategi sebagai Position
  • Ini mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).
    Strategi sebagai Plan
  • Ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana penyedia layanan IT akan bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke tujuan yang diinginkan
    Strategi sebagai Pattern
  • Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil keputusan

4.
  • Confidentiality (kerahasiaan)
Kerahasiaan setara dengan privasi. Kerahasiaan dirancang untuk mencegah informasi sensitif dan memastikan bahwa orang yang mempunyai akses adalah orang yang tepat. Terkadang menjaga kerahasiaan data dapat melibatkan pelatihan khusus bagi mereka yang mengetahui dokumen tersebut.

  • Integrity (integritas)
Integritas melibatkan menjaga konsistensi, akurasi, dan kepercayaan data. Data tidak boleh diubah, dan langkah-langkah harus diambil untuk memastikan bahwa data tidak dapat diubah oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.

  • Availability (ketersediaan)
Ketersediaan (availability) adalah konsep terbaik yang dapat dipastikan dalam memelihara semua hardware, melakukan perbaikan terhadap hardware sesegera mungkin saat diperlukan. Selain itu juga dapat memelihara lingkungan sistem operasi.

Dengan konsep yang ada di dalam availability, informasi dapat selalu tersedia ketika dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki akses atau wewenang. Hingga ketika user membutuhkan informasi tersebut, informasi dapat diakses dan digunakan dengan cepat.

5. Manfaat promosi tidak hanya membantu perusahaan anda untuk memperkenalkan produk dengan mudah di pasar yang kompetitif tapi juga terdapat manfaat lainnya, yaitu :

  • Meningkatkan kesadaran merek
Promosi bisa membantu perusahaan untuk menciptakan kesadaran merek pada pelanggan.
Anda membuat promosi anda tersebar dengan baik anda dapat menggunakan bantuan berbagai media seperti billboard, iklan televisi, surat kabar, dll.
Dengan menyebarkan informasi tentang brand anda maka akan membantu banyak orang untuk mengetahui lebih banyak tentang produk anda dan cara melakukan pembelian.

  • Identifikasi segmen
Bila strategi promosi anda dibuat dengan tidak terstruktur dan luas, bisa berakbat strategi anda tidak berjalan dalam menargetkan pelanggan yang tepat.
Dengan memiliki strategi promosi yang terstruktur dan dipikirkan dengan baik dapat membantu anda untuk mengidetifikasi segmen konsumen yang berbeda dipasar dan menawarkan solusi kepada mereka.

  • Meningkatkan lalu lintas pelanggan
Manfaat promosi selanjutnya adalah meningkatkan lalu linta pelanggan.
Semakin anda gencar mempromosikan brand anda maka semakin banyak pula pelanggan yang mengetahui tentang brand adna dan perusahan anda sehingga mereka tertarik dengan produk anda.
Promosi dapat dilakukan dengan memberikan contoh gratis yang bermanfaat bagi pelanggan anda.
Mereka akan mencoba produk anda dan pada akhirnya mereka akan membeli produk anda bila mereka menyukainya.


  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
manfaat promosi adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bukan hanya sekedar menyediakan produk atau jasa layanan yang berkualitas.
Pebisnis harus melakukan promosi kepada pelanggan agar meningkatkan loyalitas pelanggan untuk tetap memilih produk anda.
Promosi ini dapat menciptakan loyalitas pelanggan yang kuat dengan menghadirkan kepribadian brand anda dan juga kepribadian konsumen.
Konsistensi pebisnis dalam menjalankan promosi akan membuat konsumen akan mengingat brand anda.
Strategi promosi yang paling sering dilakukan oleh pebisnis adalah memberikan hadiah kepada orang-orang yang mempromosikan produk anda.
  • Meningkatkan reputasi positif brand
Tujuan dari semua bisnis adalah menciptakan reputasi brand yang kuat dan menonjol dari pesaing mereka.
Salah cara untuk meningkatkan reputasi brand ini adalah dengan cara melakukan promosi sehingga dapat meningkatkan citra positif merek.

  • Menjaga perputaran persediaan barang
Manfaat promosi lainnya adalah menjaga perputaran persediaan barang dan juga mendapatkan uang dari invetaris yang akan kadaluarsa.

No comments:

Post a Comment