Nama : Burhanudin
Alif Rahmat
NPM : 12114255
Kelas 2KA29
Soal Manajemen
Layanan Sistem Informasi
1. Jelaskan definisi
dari manajemen layanan sistem informasi
2. Apa tujuan dan
manfaat manajemen sistem informasi
3. jelaskan strategi
membangun aplikasi layanan manajemen sistem informasi
4. konsep keamanan
jaringan berbasis mobile
5. apa manfaat
promosi atau iklan untuk meningkatkan profit bisnis perusahaan
1. Manajemen Layanan
Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI)
yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan SI
terhadap bisnis perusahaan.
Manajemen Layanan
Sistem Informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait dan
memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan
perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin ini tidak
memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau
detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada
upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang
terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis
TI dengan pengguna teknologi informasi.
2.
tujuan-tujuan dari
sistem informasi manajemen ini antara lain :
-
Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
-
Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungna harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan managemen.
-
Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan berkelanjutan.
manfaat sistem
informasi antara lain sebagai berikut:
-
Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
-
Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
-
Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
3.
-
Ini berhubungan dengan pandangan, tujuaan dan pilosopi penyedia layanan IT untuk melakukan bisnis dengan konsumen.Strategi sebagai Position
-
Ini mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).Strategi sebagai Plan
-
Ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana penyedia layanan IT akan bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke tujuan yang diinginkanStrategi sebagai Pattern
-
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil keputusan
Strategi sebagai
Perspective
4.
-
Confidentiality (kerahasiaan)
Kerahasiaan setara
dengan privasi. Kerahasiaan dirancang untuk mencegah informasi
sensitif dan memastikan bahwa orang yang mempunyai akses adalah orang
yang tepat. Terkadang menjaga kerahasiaan data dapat melibatkan
pelatihan khusus bagi mereka yang mengetahui dokumen tersebut.
-
Integrity (integritas)
Integritas
melibatkan menjaga konsistensi, akurasi, dan kepercayaan data. Data
tidak boleh diubah, dan langkah-langkah harus diambil untuk
memastikan bahwa data tidak dapat diubah oleh orang-orang yang tidak
berkepentingan.
-
Availability (ketersediaan)
Ketersediaan
(availability) adalah konsep terbaik yang dapat dipastikan dalam
memelihara semua hardware, melakukan perbaikan terhadap hardware
sesegera mungkin saat diperlukan. Selain itu juga dapat memelihara
lingkungan sistem operasi.
Dengan konsep yang
ada di dalam availability, informasi dapat selalu tersedia ketika
dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki akses atau wewenang. Hingga
ketika user membutuhkan informasi tersebut, informasi dapat diakses
dan digunakan dengan cepat.
5. Manfaat promosi
tidak hanya membantu perusahaan anda untuk memperkenalkan produk
dengan mudah di pasar yang kompetitif tapi juga terdapat manfaat
lainnya, yaitu :
-
Meningkatkan kesadaran merek
Promosi bisa
membantu perusahaan untuk menciptakan kesadaran merek pada pelanggan.
Anda membuat promosi
anda tersebar dengan baik anda dapat menggunakan bantuan berbagai
media seperti billboard, iklan televisi, surat kabar, dll.
Dengan menyebarkan
informasi tentang brand anda maka akan membantu banyak orang untuk
mengetahui lebih banyak tentang produk anda dan cara melakukan
pembelian.
-
Identifikasi segmen
Bila strategi
promosi anda dibuat dengan tidak terstruktur dan luas, bisa berakbat
strategi anda tidak berjalan dalam menargetkan pelanggan yang tepat.
Dengan memiliki
strategi promosi yang terstruktur dan dipikirkan dengan baik dapat
membantu anda untuk mengidetifikasi segmen konsumen yang berbeda
dipasar dan menawarkan solusi kepada mereka.
-
Meningkatkan lalu lintas pelanggan
Manfaat promosi
selanjutnya adalah meningkatkan lalu linta pelanggan.
Semakin anda gencar
mempromosikan brand anda maka semakin banyak pula pelanggan yang
mengetahui tentang brand adna dan perusahan anda sehingga mereka
tertarik dengan produk anda.
Promosi dapat
dilakukan dengan memberikan contoh gratis yang bermanfaat bagi
pelanggan anda.
Mereka akan mencoba
produk anda dan pada akhirnya mereka akan membeli produk anda bila
mereka menyukainya.
-
Meningkatkan loyalitas pelanggan
manfaat promosi
adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bukan hanya sekedar
menyediakan produk atau jasa layanan yang berkualitas.
Pebisnis harus
melakukan promosi kepada pelanggan agar meningkatkan loyalitas
pelanggan untuk tetap memilih produk anda.
Promosi ini dapat
menciptakan loyalitas pelanggan yang kuat dengan menghadirkan
kepribadian brand anda dan juga kepribadian konsumen.
Konsistensi pebisnis
dalam menjalankan promosi akan membuat konsumen akan mengingat brand
anda.
Strategi promosi
yang paling sering dilakukan oleh pebisnis adalah memberikan hadiah
kepada orang-orang yang mempromosikan produk anda.
-
Meningkatkan reputasi positif brand
Tujuan dari semua
bisnis adalah menciptakan reputasi brand yang kuat dan menonjol dari
pesaing mereka.
Salah cara untuk
meningkatkan reputasi brand ini adalah dengan cara melakukan promosi
sehingga dapat meningkatkan citra positif merek.
-
Menjaga perputaran persediaan barang
Manfaat promosi
lainnya adalah menjaga perputaran persediaan barang dan juga
mendapatkan uang dari invetaris yang akan kadaluarsa.
No comments:
Post a Comment