Saturday, October 1, 2016

Pengertian Sistem Pakar Dan Contoh



ARTIFICIAL INTELEGENCE

Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer.

Pembahasan kali ini Artificial Intelegence atau sering disingkat AI, dibagi menjadi dua, Fuzzy Logic dan Sistem Pakar, dan pembahasan dibawah akan membahas Sistem Pakar beserta contoh penerapannya.
SISTEM PAKAR

Sistem pakar adalah sistem berbasis computer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut (Martin dan Oxman, 1988).
Ciri-ciri dari sistem pakar adalah :

  • Memiliki fasilitas informasi yang handal.
  • Mudah dimodifikasi.
  • Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.
  • Memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.

Sistem Pakar terkadang lebih baik unjuk kerjanya dari pada seorang pakar manusia. Dengan sistem pakar, orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman.

Sistem pakar dikembangkan pertama kali oleh komunitas AI (Artificial Intelligence) tahun 1960-an. Sistem pakar yang pertama adalah General Purpose Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel Simon.
Contoh penerapan sistem pakar adalah :

  • DENDRAL  : Digunakan untuk mengidentifikasikan struktur molekul campuran kimia yang tidak dikenal.
  • Prospector : Digunakan dalam bidang ilmu biologi.
  • MYCIN  : Digunakan untuk mendiagnosa penyakit.
  • XCON & XSEL : Digunakan untuk konfigurasi sistem komputer besar.

Sumber :
Kursini, Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi; Yogyakarta, ANDI, 2006



No comments:

Post a Comment